Monday 13 August 2012

Ramadhan tahun ini, SMAIT Insantama mengadakan acara “PERMADANI” (Pekan Ramadhan di Insantama) pada tanggal 6-9 Agustus 2012 di Gunung Geulis dan dilanjutkan di Kampus SIT Insantama. Acara semacam ini, yaitu kegiatan pesantren kilat yang dilakukan di luar sekolah adalah kali pertama dilakukan oleh SMAIT Insantama. PERMADANI 2012 ini diikuti oleh seluruh siswa maupun guru SMAIT Insantama.

Senin pagi tanggal 6 agustus 2012, seluruh siswa maupun guru melakukan upacara pembukaan PERMADANI dengan diisi sambutan oleh Kepala Sekolah yaitu bapak Sri Mego Pertiwiguno. “Segala permainan dan sebagainya hanyalah sebagai bumbu-bumbu saja. Janganlah kalian terpaku dengan itu saja. Ambillah sebanyak-banyaknya pelajaran dari Permadani ini”. Akhirnya setelah sambutan dari Pak Uno (panggilan yang biasa kami lontarkan) dan ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Ust. Muhibbudin (mudir SIT Insantama), semuanya berangkat ke Gunung Geulis.


Setelah menempuh perjalanan selama ± 2 jam, akhirnya sampailah kami di Gunung Geulis. Lalu kami diberi waktu untuk istirahat di villa Baladegana, villa yang selama 3 hari 2 malam akan kami tempati. Ada yang langsung beristirahat dan tidur, ada juga yang berjalan-jalan di sekitar villa untuk menikmati udara yang sejuk, pohon-pohon yang rindang, dan lain-lain yang tidak biasa kami lihat di kota.

Jam 9 tepat acara dilanjutkan dengan Dauroh sesi 1 yang diisi oleh Ust. Muhib yang berjudul “Iman Ilmu dan Amal” sampai dengan pukul 12.00 WIB. Setelah shalat dzuhur, Dauroh sesi 2 yang berjudul "Syakhsiyyah Islamiyyah (1)" diisi oleh Ust. Tatang Muchtar hingga pukul 15.00 WIB. Para peserta senantiasa menyimak apa yang disampaikan di Dauroh ini. Kemudian dilanjutkan kembali dengan games “Find Treasure” yang diikuti dengan senang hati oleh para peserta. Ada yang mendapat clue dengan mencari suatu barang di suatu tempat seperti mencari kunci di kolam renang dan masih banyak lagi tugas-tugas dari game find treasure ini yang pastinya lebih menantang.

 Lalu ± pukul 18.00 WIB dilanjutkan dengan buka bersama dengan menu ta’jilan yang istimewa. Selang 1 jam kemudian, kamipun melaksanakan sholat tarawih bersama yang sebelumnya ada selingan tausiah dari Muhammad Alauddin Azzam. Setelah itu, dilanjutkan kembali dengan penyerahan jabatan ketua OSIS baru kepada Ahmad Nadzhif yang sebelumnya adalah Fatih Nasrullah. Penyerahan tersebut tidaklah seperti biasanya, karena diawali dengan ‘drama’ yang sengaja dibuat oleh beberapa pihak yang membuat para peserta sempat tegang karena memang pada awalnya para peserta tidak tahu kalau itu hanyalah rekayasa semata. Tetapi, ketegangan tersebut akhirnya mereda ketika ketua OSIS yang baru bersalaman dengan ketua OSIS sebelumnya sebagai simbolisasi atas penyerahan jabatan ketua OSIS.

Selasa, 7 agustus 2012. Hari kedua kami di villa Baladegana Gunung Geulis diawali dengan sahur bersama di pagi hari lalu dilanjutkan dengan Dauroh pukul 09.00 WIB yang sebelumnya diisi dengan ‘senam pagi bersama’. Dauroh sesi 3 berjudul "Syakhsiyyah Islamiyah (2)" yang diisi oleh ust. Muhib ini berjalan dengan sangat lancar. Dauroh pada pagi itu melanjutkan pembahasan materi sebelumnya, yaitu tentang Sakhsiyah Islamiyyah.

Waktu dzuhur tiba, dilanjutkan dengan acara Dinamika Kelompok. Acara tersebut menugaskan seluruh peserta membuat kelompok sesuai dengan kelasnya masing-masing lalu diberi suatu permasalahan dan kami harus mencari problem solving. Dari mulai Teenation (X akhwat), Teen Titans (X ikhwan), Clover (XI IPA akhwat), Connect (XI IPA ikhwan), Six sense (XII IPA akhwat), Six Pack (XII IPA ikhwan). Semuanya menunjukkan kekompakkannya dan kerja keras mengerjakan tugas yang diberi panitia. Sepert kelas X yang mendapat masalah ‘Pacaran’, kelas XI yaitu ‘Jejaring Sosial’, dan kelas XI yaitu ‘Geng’. 30 menit kemudian, waktunya untuk masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. Masing-masing kelompok memberikan hasil terbaiknya. Mencari akar masalahnya, lalu solusinya menurut pandangan Islam, dan mempresentasikannya dengan tata cara presentasi yang benar.

Berikutnya, setelah adzan ashar kamipun mengikuti dauroh sesi ke 4 yang kali ini diisi oleh Ust Muhammad Rahmat Kurnia dengan materi “Konsekuensi Iman”. Di dalam dauroh ini, Pak Rahmat menjelaskan kepada kami bagaimana memahami artinya iman secara kaffah dan seperti apa konsekuensi-konsekuensi dari segala pilihan. Ketika itu para peserta, guru, panitia dengan seriusnya mendengarkan tuturan dari Ust Rahmat karena menyadari akan pentingnya iman.

Dauroh berakhir, dilanjutkan dengan buka bersama. Setelah itu, melaksanakan tarawih bersama yang diselingi tausiah dari Akmal Lutfi Al Tuway (kelas XII IPA ikhwan). Berakhirnya sholat tarawih bersama, dilanjutkan dengan acara ‘Bakar-Bakaran’. Membakar jagung bersama-sama di malam hari, hmm… asyiknya sangat terasa kebersamaan diantara kami. “Seru yah!” begitulah kutipan salah satu dari kami.

Rabu pagi, 8 agustus 2012 dan masih di villa Baladegana, Gunung Geulis. Di hari terakhir ini, panitia memberi waktu dari jam 07.00 sampai 08.00 WIB untuk kerja bakti membersihkan villa Baladegana dan sekitarnya. Lalu dilanjutkan dengan ‘ekspresi tanpa batas’ sampai dengan pukul 09.00 WIB. Ekspresi tanpa batas memberi kami waktu untuk mengabadikan moment ini dengan berfoto-foto, dan sebagainya. Dimulai dari foto per kelompok, per kelas, hingga foto per angkatan.

Pukul 09.00 WIB tiba, dan tiba juga waktunya untuk pulang ke sekolah kami yang tercinta SMAIT Insantama. Sesampainya di sekolah, ± pukul 11.00 kamipun diberi waktu sampai ashar untuk beristirahat. Ada yang benar-benar menggunakannya untuk istirahat, dan ada juga yang langsung bersih-bersih dan membereskan barang bawaannya.

Ashar tiba, panitia pun mengumpulkan kami di lapangan gedung 1 untuk akhwat dan Lapangan gedung 2 SIT Insantama untuk ikhwan. Disana kami menghabiskan waktu sampai dengan maghrib untuk menyelesaikan tantangan yang diberi panitia. Game yang diberikan berbeda antara ikhwan dan akhwat, namun keduanya membutuhkan kecepatan dan kejelian serta kekompakan kelompok. Setelah sholat tarawih bersama, panitia mempersilahkan para peserta untuk berkumpul di aula SMPIT Insantama untuk nobar (nonton bersama) sampai dengan pukul 23.00 WIB.

Esoknya, memulai hari kamis tanggal 10 agustus 2012 dengan training atau dauroh sesi 5 bersama Ust Iwan Januar. Iwan Januar adalah penulis spesialis remaja. Karya-karyanya sudah banyak beredar seperti ‘Jangan Jadi Seleb’, dan banyak lagi. Para peserta pun mengapresiasinya dengan penuh canda tawa karena memang Ust Iwan Januar membawakan dauroh terakhir ini dengan sangat remaja. Acara tersebut berakhir setelah adzan dzuhur . Lalu setelah itu panitia memberi waktu istirahat kepada para peserta untuk beristirahat sampai dengan adzhan ashar.

“Allahu Akbar… Allaaahu Akbar…” adzan ashar pun tiba. Semua peserta langsung menuju aula SMPIT Insantama untuk melaksanakan sholat ashar berjama’ah. Kemudian dilanjutkan dengan lomba Cerdas Cermat. Panitia memberikan sejumlah soal yang berkaitan dengan bulan Ramadhan kepada peserta. Selesai dengan lomba cerdas cermat, adzhan maghrib pun berkumandang. Kami pun buka puasa bersama di aula SMP.

Di malam harinya setelah sholat tarawih bersama, akan diselenggarakan acara penutupan Permadani. Dibuka dengan pembacaan Al Qur’an oleh Muhammad Alauddin Azzam dan sambutan oleh ketua panitia, yaitu Ahmad Nadzhif. Serta pengumuman pemenang dari berbagai games. Ditutup dengan saling meminta maaf satu sama lain. Ada juga yang membuat video, seperti yang dilakukan oleh Big Bang (angkatan kelas XI). Video tentang permohonan minta maaf kepada semua pihak. “Mohon maaf lahir batiiin!”

Alhamdulillah, selesai sudah acara Permadani ini. Semoga kami semua dapat mengambil hikmah dari seluruh dauroh maupun seluruh kegiatan yang kami lakukan. Semoga acara PERMADANI 2012 ini juga dapat mempererat tali silaturahmi diantara kita. Amin. [reported by: Rama Rama/ photos by: Faster]









0 komentar:

Post a Comment

Unordered List

Sample Text

Member Blogs

Total Pageviews

JAISH. Powered by Blogger.

Followers

What is JAISH?

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
JAISH (Journalist Asossiation of Insantama Senior Highschool) adalah sebuah club yang bergerak di bidang jurnalis di SMAIT Insantama Bogor

Cari Artikel

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget