Thursday 4 September 2014

Tidak ada kata “lelah” bagi mereka. Selasa, 26 Agustus 2014 telah dilaksanakan kegiatan yang luar biasa yaitu Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK 2) sebuah kegiatan unggulan milik SMAIT Insantama. Ini adalah kali kelima kegiatan ini dilaksanakan. Latihan Dasar Kepemimpinan Dasar 2 (LDK 2) adalah pelatihan kepemimpinan di SMAIT Insantama yang menjadikan murid-murid kelas 10 atau satu SMA menjadi siswa/i yang bertanggung jawab, mempunyai jiwa kepemimpinan, memiliki kemampuanb memecahkan masalah (problem solving), dan berani mengambil keputusan. Jenis kegiatan ini adalah berjalan kaki sepanjang 55 km melalui 7 pos yang terdiri dari pos utama dan pos banyangan. Setiap posnya memiliki tugas dan pelajaran yang akan mereka hadapi.

Mereka sangat antusias dan bergembira mengikuti LDK ini. Tidak ada kata “lelah” bagi mereka.  Peserta LDK ini adalah murid-murid kelas 10 angkatan 5. Mereka dibina oleh Ust. Muhammad Karebet Widjajakusuma.
Setiap kegiatan itu pasti ada biayanya. Untuk biaya LDK 2 ini mereka membutuhkan dana sekitar 30 juta rupiah. Murid-murid kelas 10 ini mencari dana sendiri melalui donator, sponsorship dan dana kreatif. Mereka diberikan waktu untuk mengumpulkan dana selama lima hari saja, tentu ini adalah tantangan yang sangat besar bagi mereka. Sejak hari kamis (21/8) sampai hari senin (25/8) mereka bekerja keras mencari dana dengan tiga cara tadi. Namun ada beberapa pantangan yang sang pembina berikan kepada mereka, pertama mencari dana tanpa bantuan dari pembina, kedua tidak boleh meminta langsung kepada orang tua. Disamping itu proses fundrising tersebut tetap diawasi para pembina. Kepanitiaan juga dibentuk langsung oleh mereka sendiri.
Singkat cerita, LDK dimulai pada hari Selasa pukul 03.00 pagi. Mereka mulai bersiap diri dengan shalat tahajjud dan berdoa agar kegiatan ini lancar. Lalu mereka sarapan pukul 04.00, sarapan spesial mereka adalah 5 buah kurma dan 3 buah habbatussauda serta seteguk air yang sudah dicampur madu dan seteguk air putih.
Lalu ada penyambutan dari Yayasan SMAIT Insantama yang diwakili oleh Ust. Adhi Maretnas setelah shalat shubuh berjama’ah. Dalam sambutannya Ust. Adhi tidak hanya menyambut tetapi juga memberi pembekalan kepada peserta LDK 2.
Selanjutnya pada pukul 05.30 peserta LDK berkumpul di lapangan SIT Insantama untuk langsung bersiap berjalan ke Pos 1, yaitu Rumah Dinas Walikota Bogor Bima Arya. Mereka berjalan sampai ke depan SDN Gunung Batu, lalu mereka pergi menggunakan angkot menuju Rumah Dinas Walikota Bogor.
Di Rumah Dinas Walikota, peserta LDK diberikan pembekalan oleh sang Walikota Pak Bima. Lalu, barulah Bapak Walikota memberikan motivasi tentang kepemimpinan. Beliau berpesan bahwa “Seorang pemimpin bukanlah orang yang biasa. Bila bercita-cita menjadi orang yang biasa-biasa saja, gausah bermuluk-muluk bercita-cita menjadi seorang pemimpin.” Selanjutnya, beliau menutup pembicaraannya beliau dengan berkata “Menjadi seorang pemimpin tak lepas dari 3 hal. Pertama, adalah pengorbanan. Kedua, adalah perjuangan. Dan yang ketiga adalah keikhlasan.”
Selesai kegiatan di pos 1 yaitu rumah Dinas Walikota, peserta langsung melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki ke Masjid Quba di Cimahpar. Di perjalanan peserta sangat bersemangat. Sebelum menuju ke Masjid Quba, peserta beristirahat di pos bayangan, yaitu di Bogor Lakeside. Mereka beristirahat dengan memakan satu kurma dan meminum seteguk air putih dan air madu. Tidak lama berada di Bogor Lakeside, peserta langsung melanjutkan perjalanan ke Masjid Quba. Perjalanan menuju masjid tersebut lumayan panjang. Tapi, pohon-pohon yang rindang membuat semangat peserta tetap tinggi karena hawa yang sejuk dan udara yang dingin membuat pernapasan tetap teratur. Sampai sejauh ini, tidak ada keluhan yang diterima seperti sakit atau mengeluh capek. Karena mereka mempunyai keinginan yang sangat tinggi, dan semua tantangan tidak akan mempengaruhi semangat peserta.
Sesampainya di Masjid Quba, peserta melaksanakan sahalat dhuha dan istirahat. Dan lagi mereka meminum seteguk air putih dan air madu. Peserta istirahat sejenak untuk memulihkan kembali tenaga dan semangat. Shalat dhuha dan tidur siang berjalan selama 15 menit. Setelah istirahat selesai, peserta melanjutkan perjalanan ke pos 3, yaitu Gunung Geulis Resort. Kondisi di perjalanan masih sama, mereka masih bersemangat dan juga dikelilingi pohon-pohon serta rumah-rumah warga. Lalu peserta memasuki suatu desa untuk sampai di Gunung Geulis Resort, yaitu Desa Sukaraja. Pada fase ini peserta mulai menurun semangatnya. Karena di desa ini jalan yang dilewati lumayan menantang. Yaitu melewati bebatuan, tikungan, dan juga tanjakan. Setelah melewati pedesaan, mulailah kita masuk ke daerah hutan. Di sini adalah puncak-puncaknya mereka merasakan lemas dan kaki pegal-pegal. Sesampainya di Gunung Geulis sekitar pukul 15.30 peserta langsung melakukan shalat dzuhur dan ashar secara jama’qashr dan makan siang.
Lalu peserta melanjutkan perjalanan menuju Radio Wadi dengan menggunakan angkot melewati Jalur Puncak. Sesampainya di Wadi 6 orang peserta diberi kesempatan untuk siaran on air yang diwakili 3 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Setelah itu peserta langsung melanjutkan perjalanan menuju Masji AtTa’awun di Puncak. Di Atta’awun sampai sekitar ba’da isya. Di sana langsung makan sekoteng dan jagung bakar. Dan juga melakukan shalat maghrib dan isya’ secara jama’ qashr.
“Kami berharap kegiatan ini selalu dilaksanakan setiap tahun, dan  melahirkan pemimpin-pemimpin masa depan yang akan memajukan negeri ini.” perwakilan Wadi Fm.
Setelah itu, peserta berjalan lagi menuju pertigaan Kota Bunga. Sekitar jam 21.00 mulai berjalan. Untuk ikhwan berjalan kaki dan akhwat menyusul menggunakan angkot pada pukul 22.00. Di perjalanan ikhwan sangatlah bersemangat karena mereka baru merasakan pertama kali sensasi berjalan kaki jauh pada malam hari. Sampai di Kota Bunga sekitar pukul 23.00, peserta istirahat sejenak dan langsung pergi ke Kabupaten Cianjur dan peserta pergi menggunakan mobil. Untuk ikhwan menggunakan mobil bak terbuka, dan akhwat menggunakan mobil tertutup. Sampai di Kabupaten Cianjur pada pukul 01.00 dini hari (27/8). Peserta langsung makan malam dan istirahat tidur.
Pagi yang cerah di kabupaten Cianjur mereka mendapat pemandangan indah terbitnya sang fajar. Sambil mendengarkan sambutan dari Ustadz Aan sebagai tokoh di sekitar masyarakat setempat. Ustadz Aan mengatakan bahwa SMAIT Insantama adalah sekolah yang luar biasa. Karena telah melakukan LDK yang sudah dilaksanakan 5 kali berturut-turut. Dimana anak-anaknya mencari dana sendiri pada umur sekitar 14-15 tahun. Ustadz Aan secara pribadi juga sangat terkesan dengan SMAIT Insantama.
“Warga sini tuh seneng, adik-adik SMAIT Insantama walaupun ini yang kelima kalinya kami setiap tahun sangat menunggu kedatngan kalian walau pelayanan kami yang seadanya” Pak RT Desa Cibadak.
Setelah itu, karena mereka berada di daerah pegunungan peserta langsung diarahkan ke atas untuk memanjat pohon kelapa dan juga memanen jambu. Mereka semua mendapat giliran untuk memanjat, tetapi yang berhasil memanjat hanya dua orang. Setelah memanjat pohon kelapa, mereka langsung mencari jambu sambil berjalan ke bawah untuk kembali ke tempat mereka istirahat. Di atas mereka bukan hanya menikmati kelapa dan jambu saja, tapi mereka juga menikmati pemandangan Kabupaten Cianjur yang sangat indah dari atas pegunungan.
Begitu sampai di masjid tempaat mereka beristirahat, mereka sarapan pagi khas daerah tersebut. Dengan menu nasi goreng telur dan sambal khas pula. Selepas itu, mereka istirahat sambil bersih diri, mandi. Setelah selesai bersih-bersih diri mereka langsung menikmati kelapa khas cianjur. Seorang mendapatkan jatah 2 buah kelapa. Semua peserta sangat menikmati hidangan-hidangan yang ada. Ini adalah hasil yang sangat manis dari kerja keras, semangat, dan pengorbanan untuk mereka.


0 komentar:

Post a Comment

Unordered List

Sample Text

Member Blogs

Total Pageviews

JAISH. Powered by Blogger.

Followers

What is JAISH?

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
JAISH (Journalist Asossiation of Insantama Senior Highschool) adalah sebuah club yang bergerak di bidang jurnalis di SMAIT Insantama Bogor

Cari Artikel

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget