Saturday 31 March 2012




Islamic Book Fair (IBF), adalah sebuah acara yang hanya diadakan setahun. Acara ini merupakan sebuah pameran buku Islami besar-besaran yang melibatkan hampir semua penerbit buku di seluruh Indonesia. Selain buku-buku yang bernuansa Islam, kita juga bisa menemukan busana Muslim, berbagai aksesoris, bahkan berbagai obat-obatan herbal di sana. Pada tanggal 9-18 Maret 2012 ini, diselenggarakan kembali IBF yang ke 11 dengan tema Kuat dan Mandiri dengan Pendidikan Qurani di Istora Senayan, Jakarta.


Ide sang Kepala Sekolah untuk mengunjungi IBF disambut meriah oleh siswa-siswi SMAIT Insantama. Walaupun harus mengeluarkan biaya perjalan yang lumayan “tidak sedikit”, serta mengundurkan jadwal UTS mereka, siswa-siswi SMAIT Insantama tetap bersemangat untuk berangkat. Bahkan beberapa dari mereka ada yang rela menyumbangkan sedikit hartanya untuk membantu teman-teman yang merasa keberatan dengan biaya perjalanan ke Jakarta tersebut. Akhirnya, pada hari Senin, tanggal 12 Maret 2012 yang lalu, siswa-siswi SMAIT Insantama melakukan pun perjalanan ke Istora Senayan Jakarta untuk melaksanakan sebuah misi : “Jelajah IBF”.

Perjalanan dimulai dengan briefing oleh ketua OSIS dan dilanjutkan dengan pembagian tugas serta konsumsi. Tak lupa pula sang Kepala Sekolah, Pak S.M. Pertiwiguno, menyampaikan amanatnya, “ Luruskan niat, utamakan tugas, dan kerjakan dengan sebaik- baiknya.” Setelah itu siswa dan siswi SMAIT Insantama berangkat dari sekolah pukul 07.35.

Siswa-siswi SMAIT Insantama berangkat dengan menggunakan dua bus, satu bus untuk ikhwan dan satu lagi bus untuk akhwat. Bus berangkat dari bogor pukul 08.10 dan tiba di Jakarta pukul 10.00. Sesampainya di Istora senayan Jakarta, siswa- siswi SMAIT Insantama langsung menyerbu tempat yang telah ditugaskan kepada masing-masing kelompok untuk melakukan reportase di sana. Dengan berbekal buku, alat tulis dan kamera, semua anak sibuk mencari informasi. Berbaur dengan pengunjung yang lain, dan mewawancarai serta mengobservasi. Rata-rata pengunjung yang datang hari itu adalah anak sekolah yang datang karena program sekolah, sama seperti siswa-siswi SMAIT Insantama.

“Hari ini pengunjung IBF belum terlalu ramai.” ujar salah seorang pedagang yang meraup kuntungan disana. Biasanya pengunjung IBF sangat ramai saat weekend, pengunjung dari seluruh pelosok negeri datang untuk membeli atau sekedar melihat-lihat saja. “Buku buku di IBF itu lengkap soalnya semua buku yang tidak kita temukan ditempat lain ada disini,” ujar pengunjung asal bekasi.

Adapun rangkaian acara yang dihadirkan hari senin (12/03) kemarin, salah satunya: bedah buku Fashion Muslimah, talkshow Mukjizat Shalat dan Doa, talkshow Indahnya Bersahabat Dengan Al- Qur’an, Muslimah In Action dan Hijab Class, seminar Mindfullness, bedah buku The Golden Age, talkshow Saatnya Memimpin Indonesia Dengan Syariah, dan Yang terakhir bedah buku Karakter Guru Professional.

Senyum mengembang datang dari wajah-wajah para pedagang yang menyambut pengunjung yang datang kestandnya. Pukul 11.00 selesai melakukan tugas yang telah diberikan, dilanjutkan dengan makan siang dan sholat hingga pukul 12.30.

Pukul 12.30 adalah waktu untuk kembali menjelajah IBF tanpa ada beban tugas dipundak. Dengan semangat 45 siswa- siswi SMAIT Insantama berburu buku. Mulai dari novel islami sampai buku- buku yang berbobot. Tak kenal pantang lelah naik turun tangga untuk mencari buku yang diincar.

Setelah penat mengelilingi IBF dan puas dengan apa yang didapat, kami kembali ke bus pukul 15.00. sebelum itu kami berfoto perkelas didepan billboard yang bertuliskan IBF (Islamic Book Fair).

Semua kembali ke Bogor dengan perasaan senang, duduk dengan senyum mengembang diwajah. Wajah lelah tergambar diwajah siswa dan siswi SMAIT Insantama, dan tidur adalah solusi terbaik. Pukul 16.00 kami tiba di rest area cibubur untuk istirahat dan sholat ashar. Kemudian melanjutkan perjalan kembali ke Bogor pukul 17.00 dan tiba di SIT Insantama pada pukul 18.00.




Walaupun lelah, karena menguras tenaga serta biaya, namun semoga apa yang mereka bawa pulang bisa member manfaat. Bukan hanya buku-buku, tetapi juga pengalaman yang mereka dapatkan dalam mengerjakan tugas-tugas. Semoga acara visiting kali ini bisa membuat siswa-siswi SMAIT Insantama lebih bersemangat dalam menghadapi UTS yang akan mereka hadapi pada hari rabu, dua hari setelah acara ini. Insya Allah. [reported by: ksatria malam / photos by: mimosa pudica]

0 komentar:

Post a Comment

Unordered List

Sample Text

Member Blogs

Total Pageviews

JAISH. Powered by Blogger.

Followers

What is JAISH?

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
JAISH (Journalist Asossiation of Insantama Senior Highschool) adalah sebuah club yang bergerak di bidang jurnalis di SMAIT Insantama Bogor

Cari Artikel

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget