Saturday 20 October 2012


Rasa cemas dan khawatir pasti sedang menghantui para JAISHer, yang sebentar lagi akan menghadapi yang namanya ujian tengah semester atau sebut saja UTS.


Padahal nih ya, menjelang ujian atau test kayak gini harusnya disikapi dengan rasa tenang, agar bisa mengerjakan soal-soal dengan lancar. Kalau khawatir atau cemas, nanti malah jadinya grogi dan sulit untuk konsentrasi.


Maka dari itu, ana bakal ngasih beberapa tips sederhana untuk mempermudah pengerjaan UTS kalian. So lets check it oooout!


1) Tetap Santai dan Jangan Cemas


Sama seperti yang sudah tertulis diatas, cemas di saat mengerjakan ujian itu bikin kita jadi tegang dan susah buat berkonsentrasi. Nah, kalo udah kaya gitu, perut yang tadinya biasa-biasa aja bisa jadi mules, atau kepala bisa tiba-tiba jadi pusing. Tentunya kalian gak mau kan terjadi hal seperti itu?


Makanya, agar tidak cemas, ya santai aja! Tapi bukan santai dalam artian melalaikan waktu belajar, tapi memberikan seteguk refreshing untuk diri kalian. Misalnya setelah 30 menit belajar, lakukan sebuah kegiatan yang merefresh otakmu selama 5 menit. Setelah itu, lanjutkan belajarnya.


2) Berfikir Positif


Positive thinking memang benar-benar diperlukan pada saat detik-detik menjelang ujian seperti ini. Karna pada saat itulah, biasanya sugesti negatif yang akan mudaaah sekali merasuki otak kita. Tapi ingat, positive thinking juga harus dibarengi oleh usaha yang maksimal ya, JAISHer!


3) Istirahat yang Cukup


Sebentar lagi mau ujian bukan berarti kalian harus belajar keras hingga lupa keadaan kondisi fisik. Tidur, istirahat, dan makan yang cukup perlu diperhatikan di waktu-waktu seperti ini. Karna kondisi fisik sangatlah berperan penting dalam memaksimalkan kinerja pengerjaan soal di UTS nanti.


4) Strategi Belajar


Buatlah strategi belajar se-kreatif mungkin yang bisa membuat kalian mengerti dengan materi yang sedang kalian pelajari. Misalnya, belajar bersama beberapa teman dan melakukan tanya jawab serta diskusi tentang materi yang bersangkutan. Atau menyambung-nyambungkan segala aktifitas dan pekerjaan yang sedang dilakukan dengan materi yang sedang dipelajari. Insya Allah dengan seperti itu , materi akan lebih mudah nyantol di otak.


5) Jangan Malu Bertanya


Apabila kalian belum mengerti beberapa materi atau rumus, jangan sungkan-sungkan bertanya kepada kakak kelas, guru, teman, atau siapapun itu yang menurutmu sedang tidak sibuk dan bisa membuat kalian paham akan materi yang ditanyakan.


6) Selalu Berdoa dan Meminta Restu Kepada Orangtua


Dan yang terakhir, jangan pernah bosan untuk berdoa kepada Allah untuk dimudahkan dan dibaguskan nilai ujiannya. Makin giatlah beribadah dan jauhi segala kemudharatan. Insya Allah, Allah akan membantu hambanya yang permohonannya dibarengi oleh kerja keras.


Tak hanya itu, doa restu orangtua juga sangatlah penting untuk melancarkan pengerjaan UTS kalian. Maka dari itu, segeralah meminta maaf dan minta doa kepada masing-masing orang tua kalian.



Walaupun tips-tips di atas terbaca begitu biasa dan sederhana, tidak ada salahnya kalian mencoba dan mempraktekannya di kehidupan nyata. Dan selamat melaksanakan UTS, JAISHers! Fighting! [CL128]

0 komentar:

Post a Comment

Unordered List

Sample Text

Member Blogs

Total Pageviews

JAISH. Powered by Blogger.

Followers

What is JAISH?

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
JAISH (Journalist Asossiation of Insantama Senior Highschool) adalah sebuah club yang bergerak di bidang jurnalis di SMAIT Insantama Bogor

Cari Artikel

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget