Sunday 3 June 2012


 Minggu, 13 Mei 2012 adalah hari bersejarah bagi para delegasi JAISH yang mewakili SMAIT Insantama mengikuti PJP (Pekan Jurnalistik Pelajar). Pasalnya, delegasi JAISH berhasil mempertahankan piala juara umum lomba jurnalistik tingkat SMA se-Bogor Raya, yang telah berhasil diraih oleh delegasi SMAIT Insantama pada tahun sebelumnya.


PJP terdiri dari dua acara inti yaitu pelatihan jurnalistik dan lomba jurnalistik. Pelatihan jurnalistik dilaksanakan pada hari Sabtu (12/5). Pelatihan ini diisi oleh para pembicara yang telah berkecimpung dalam dunia jurnalistik. Ada perwakilan kantor berita Antara yang membawakan materi dasar jurnalistik. Ada bapak Hendri Tanjung PHD yang membahas cara menumbuhkan kultur menulis dan membaca bagi pelajar. Ada Kak Aris Munandar yang mengupas tatacara penulisan artikel yang baik. Dan ada pula Kak Gestra, yang berbicara panjang lebar mengenai photography.

Para peserta begitu bersemangat mengikuti pelatihan ini. Sehingga ketika ada kesempatam bertanya, sang moderator kebingungan untuk menunjuk siapa yang akan diberi kesempatan bertanya. Ada juga game yang mengharuskan para peserta berkenalan satu sama lain. Acara ini juga dimeriahkan oleh tim nasyid “Sunda Acapela” yang tampil setelah istirahat makan siang. Tim nasyid yang benar-benar menghibur ini tampil dengan beberapa lagu yang diaransemen dengan begitu kreatif.

Ada satu pesan penting yang para peserta dapatkan dari pelatihan jurnalistik ini. “Sehebat apapun kita, tetap saja kita ini diciptakan dari segumpal darah. Karena itu, janganlah sekali-sekali kita bersikap sombong.” Begitulah pesan sakti dari Bapak Hendri Tanjung yang kemudian dibenarkan oleh para pembicara selanjutnya.

Keesokan harinya, para peserta pelatihan kembali berkumpul di tempat yang sama untuk mengikuti lomba jurnalistik yang terdiri dari 5 mata lomba. Lomba menulis artikel, lomba membaca berita, lomba reporter, lomba foto jurnalistik, dan lomba kreasi mading.

Setelah pembacaan rule of game,para peserta berpencar menuju lokasi masing-masing lomba. Semua lomba berakhir pada pukul 12 siang. Setelah istirahat shalat zuhur dan makan siang, peserta lomba kreasi mading dan foto jurnalistik harus mempresentasikan hasil karya dan jepretan mereka di hadapan seluruh peserta dan para juri.

Pengumuman pemenang lomba berlangsung pada pukul 17.30 dengan diiringi tepukan dan sorakan heboh para peserta. Acara pun diakhiri dengan foto bersama.

Tim SMAIT Insantama pulang dengan menenteng 6 piala. Piala juara 1 lomba foto jurnalistik, juara 2 lomba reporter, juara 2 lomba kreasi mading, juara 2 dan 3 lomba menulis artikel, dan yang paling besar, piala bergilir juara umum lomba jurnalistik tingkat SMA se-Bogor Raya. Semoga tahun depan tim SMAIT Insantama tetap berhasil mempertahankan gelar juaranya. Amin. [reported by: hime saichi / photos by: atsumichi 453]




0 komentar:

Post a Comment

Unordered List

Sample Text

Member Blogs

Total Pageviews

JAISH. Powered by Blogger.

Followers

What is JAISH?

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
JAISH (Journalist Asossiation of Insantama Senior Highschool) adalah sebuah club yang bergerak di bidang jurnalis di SMAIT Insantama Bogor

Cari Artikel

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget