Saturday 9 June 2012

Hai Jaisher nggak kerasa yah udah bulan Juni lagi. Nggak kerasa juga kalau ujian sudah semakin dekat. Biasanya kalau ujian sudah semakin dekat para pelajar kayak Jaisher langsung ‘cenat-cenut’ atau prepare buat mempersiapkan ujian yang semakin dekat. Nah kira-kira sudah siapkah Jaisher untuk menghadapi ujian yang semakin dekat? Di sini kita akan mengupas sedikit tips untuk menghadapi ujian, let’s check it out!


Luruskan niat hanya karena Allah SWT. Karena setiap perbuatan yang kita lakukan harus didasari niat karena melaksanakan perintah Allah. Jika kita berniat melakukan sesuatu karena Allah, maka insya Allah akan dimudahkan oleh Allah.

Luangkan sedikit waktu untuk belajar. Untuk mempermudah kita memahami materi yang dirasa kurang faham.

Review materi yang sudah dipelajari. Usahakan me-review tidak hanya ketika akan menghadapi ujian saja. Agar memudahkan kita dalam belajar dan benar-benar memahami pelajaran di sekolah. Jangan malu untuk bertanya apabila kita belum mengerti.

Mempelajari pelajaran atau tugas-tugas sebelumnya. Melihat soal-soal latihan termasuk proses belajar. Siapa tahu latihan yang pernah kita kerjakan merupakan soal yang diujikan.

Jika guru memberikan kisi-kisi, pelajarilah kisi-kisi tersebut. Diharapkan kita dapat lebih mudah belajar karena terbantu oleh kisi-kisi tersebut.

Siapkan fisik yang sehat, serta mental yang kuat. Dengan makan teratur, banyak minum air, dan istirahat yang cukup, kita dapat menjaga stamina kita agar tetap sehat ketika ujian.

Berdoa kepada Allah SWT. Setiap usaha yang tidak disertai doa adalah usaha yang sia-sia. Karena dengan kita berdoa kepada Allah berarti kita memohon kemudahan dan kelancaran dalam menghadapi ujian. Jangan lupa berdoa sebelum belajar ataupun akan mengerjakan soal.

Tenang dan jujur. Ketika ujian sedang berlangsung, usahakan tidak terburu-buru dalam mengerjakannya. Karena jika kita terburu-buru dikhawatirkan sulit untuk mengingat apa yang telah kita pelajari. Biasakan periksa kembali jawaban kita, supaya jika ada kesalahan kita dapat memperbaikinya sebelum dikumpulkan. Remember ! Allah always by our sides.

Tawakkal kepada Allah. Tanpa izin Allah maka sesuatu tidak akan terjadi. Insya Allah apa yang kita dapat adalah yang terbaik yang Allah berikan kepada kita. So, don’t forget bertawakal pada Allah.

Itulah sedikit tips yang dapat dishare kepada pada Jaisher. Semoga sukses dalam menghadapi ujian. Remember, USAHA + DO’A = SUKSES . Jangan lupa untuk selalu melakukannya karena Allah dan bersungguh-sungguh. Karena persembahan terbaik, untuk hasil yang terbaik pula.

Ganbatte kudasai ! (Ayya)

Sumber: Google

0 komentar:

Post a Comment

Unordered List

Sample Text

Member Blogs

Total Pageviews

JAISH. Powered by Blogger.

Followers

What is JAISH?

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
JAISH (Journalist Asossiation of Insantama Senior Highschool) adalah sebuah club yang bergerak di bidang jurnalis di SMAIT Insantama Bogor

Cari Artikel

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget