Tuesday 24 September 2013



Seminggu pencarian dana tak terasa sudah berlalu, kini tiba saatnya untuk seluruh siswa angkatan tiga berjuang menaklukan Garut. LKMM (Latihan Kepemimpinan Management tingkat Menengah) yaitu sebuah program lanjutan dari LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan). Tahun ketiga ini LKMM untuk pertamakalinya dilaksanakan di desa Dawungsari, Garut.
            Rombongan kami berangkat dari kampus SIT Insantama setelah usai melaksanakan buka puasa bersama dan pelepasan yang dilaksanakan oleh pihak boarding pada pukul 17.40 WIB. Peserta yang mengikuti LKMM berjumlah 53 orang yang terdiri dari 25 siswa dan 28 siswi. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan simbolis oleh Pak Anas kepada ketua LKMM (Muhammad Farhan Fauzi). Kemudian sambutan dari perwakilan yayasan Insantama Cendekia (Bpk. Adi Maretnas) pada pukul 18.05.
Senin [15/09] tepat pukul 18.30 WIB setelah melaksanakan sholat maghrib dan jama’ Isya berjamaah kemudan pelepasan kami mulai meninggalkan kampus SIT Insantama dengan berjalan kaki melewati PUSDIKLAT Kehutanan menuju jalan raya yang dimana bis kami telah berada disana.
            Setelah kami semua berada di bis, pada pukul 19.15 WIB bis kami pun mulai melaju meninggalkan kota Bogor menuju lokasi dilaksanakannya LKMM yakni kabupaten Garut. Perjalanan malampun kami tempuh. Sepanjang perjalanan menuju Garut panitia logistik membagikan makan malam dan snack kepada para peserta LKMM pada pukul 19.20 WIB. Setelah menikmati makan malam kami pun benar-benar menikmati perjalanan malam yang menyenangkan tersebut.
            Pukul 00.09 WIB bis kami mulai memasuki kawasan Garut yang begitu dingin. Pada pukul 00.27 WIB bis kami berhenti tepat di persimpangan jalan menuju PTPN VIII. Jarak dari lokasi kami ke PTPN VIII sekitar 2 KM. Untuk sampai di PTPN VIII kami tempuh dengan menaiki truk milik perusahaan tersebut.
            Pukul 01.09 WIB rombongan kami tiba di rumah bapak Umar Hadi, selaku ketua ADM PTPN VIII yang membantu dan mendukung kami dalam menyelenggarakan LKMM di Desa Dawungsari Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut. Kemudian pada pukul 01.41 WIB peserta LKMM menempati tempat istirahat yang sudah disediakan oleh Bapak ADM.
            Selasa [16/09] tepat pada pukul 06.08 WIB peserta LKMM sarapan bersama.  Kemudian pukul 07.01 WIB kami bersiap-siap untuk melanjutkan perjalanan ke Desa Dawungsari. Setelah mempersiapkan perlengkapan dan pengarahan dari Pembina LKMM yaitu Bapak Karebet, peserta LKMM mulai meninggalkan PTPN VIII menuju Desa Dawungsari tepat pukul 07.19 WIB yang ditempuh dengan berjalan kaki yang berjarak sekitar 10 KM.
            Pukul 09.30 WIB rombongan peserta LKMM tiba di perbatasan kebun teh milik PTPN VIII dengan Desa Dawungsari, rombongan kami berhenti untuk istirahat dan meregangkan otot kaki kami yang mulai pegal-pegal. Kemudian kami melanjutkan perjalanan pada pukul 10.15 WIB menuju Desa Dawungsari dimana lokasi tempat LKMM dilangsungkan.
            Pukul 11.05 WIB rombongan peserta LKMM akhirnya tiba di lokasi Desa Dawungsari. rombongan kami disambut baik oleh para warga setempat. Tepat pukul 11.15 WIB pengesahan secara simbolis oleh pembina LKMM kepada pihak tokoh Desa Dawungsari. Setelah pengesahan secara simbolis para peserta LKMM tiba di rumah warga yang dijadikan sebagai basecamp kami pada pukul 12.15 WIB. Kemudian pukul 12.30 WIB, setelah melepas lelah dan sholat dzuhur berjamaah, peserta LKMM melaksanakan makan siang bersama yang disediakan oleh warga setempat. Kami benar-benar menikmati makan siang dan jamuan yang disediakan warga tersebut.
            Pada pukul 13.45 WIB para peserta LKMM tengah bersiap-siap untuk melakukan survey di Desa Dawungsari. Kemudian tepat pukul 14.05 WIB rombongan peserta LKMM tiba di balai desa. Pada pukul 14.40 WIB kepala kades H. Sutisna, dan pengurus desa serta pendamping LKMM memberikan sambutan. Setelah usai acara penyambutan yang hangat itu, pada pukul 16.00 WIB kami memulai lagi berjalan menyelusuri Desa Dawungsari dari mulai RW 01 sampai RW 07 untuk survey tempat yang akan kami kunjungi esok hari. Setelah survey menjelajahi Desa Dawungsari tepat pukul 17.45 WIB rombongan kami kembali ke basecamp masing-masing untuk istirahat, sholat dan makan malam.
            Padu pukul 20.08 WIB peserta LKMM berkumpul di musola yang berdekatan dengan basecamp kami. Meski lelah dan capek karena berjalan kaki menyusuri Desa Dawungsari yang jalannya penuh dengan bebatuan dan permukaan jalan yang naik turun, peserta LKMM masih tetap antusias mendengarkan pengarahan tentang analisis SWOT yang disampaikan oleh Pak Karebet di musola yang berdekatan dengan basecamp kami. Kemudian pada pukul 22.00 WIB peserta LKMM kembali ke basecamp masing-masing untuk beristirahat, dan mempersiapkan diri untuk melanjutkan misi kami melakukan observasi Desa Dawungsari.

0 komentar:

Post a Comment

Unordered List

Sample Text

Member Blogs

Total Pageviews

JAISH. Powered by Blogger.

Followers

What is JAISH?

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
JAISH (Journalist Asossiation of Insantama Senior Highschool) adalah sebuah club yang bergerak di bidang jurnalis di SMAIT Insantama Bogor

Cari Artikel

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget