Thursday 15 August 2013

       
 Bukan hanya soal ibadah dan kewajiban seorang muslim, tenyata puasa memiliki begitu banyak manfaat bagi tubuh kita. Yap, puasa juga menyehatkan jasmani bagi orang-orang yang melaksanakannya. Subhanallah, Allah selalu memberikan manfaat disetiap perintahnya.


Dengan berpuasa, perut kita akan kosong dalam rentang waktu setidaknya 14 jam.  Pada waktu itulah organ-organ di tubuh kita dapat beristirahat dari rutinitas menggiling makanan. Nah, sama halnya seperti manusia yang akan jauh lebih fresh setelah beristirahat, metabolisme tubuh kita pun akan berproses dengan baik seusai istirahat.


Tak hanya istirahat, ternyata tubuh kita juga menyempatkan diri untuk ‘bersih-bersih’ lho. Yap, jadi tubuh kita membuang racun-racun yang mengendap sekian lama dari makanan-makanan yang kita makan. Luarrr biasa!

Lima organ ekresi kita pun, yaitu lambung, ginjal, liver, kulit, dan usus pun akan berkinerja lebih baik guys. Kenapa? Sekali lagi karena organ-organ tubuh akan lebih banyak beristirahat disaat kita berpuasa.

Terus, bagi kalian para JAISHer yang lagi ingin diet sehat, puasa adalah jawaban yang tepat! Namun kita juga harus menyeimbangkannya dengan hanya memakan makanan bergizi dan tidak berlebihan. Seperti meminum banyak air mineral, dan memakan banyak sayur, vitamin, dan mengurangi daging-dagingan.

Sementara itu, bagi mereka yang kekurangan berat badan, puasa malah dapat meningkatkan berat badan lho. Karena dengan pengaturan makan dengan nutrisi yang baik dan sehat ditambah lagi dengan metabolisme tubuh yang lancar, tubuh dapat memperbaiki kekurangan berat badan yang dialaminya.

Lalu, untuk para JAISHer yang mengidap penyakit maag, tidak selamanya benar kalau penderita maag malah akan semakin parah apabila melaksanakan puasa. Malah, puasa justru bisa menyembuhkan penyakit maag. Dr. Ari Fahrial Syam, spesialis saluran pencernaan, mengatakan pernah ada penelitian di Paris kepada 13 sukarelawan yang melaksanakan puasa Ramadhan. Hasilnya, terjadi peningkatan pepsin dan peningkatan asam lambung dan kembali normal setelah puasa. Subhanallah!

Jadi, tak hanya hadist yang mengatakan bahwa, “berpuasalah, niscaya kalian sehat.” Penelitian pun telah membuktikan bahwa puasa itu menyehatkan bahkan menyembuhkan tubuh kita.


 Sooo kalau kaya gitu, masih mau malas-malasan berpuasa? Yuk JAISHer, budayakan hidup sehat dengan berpuasa! [SLFREE]

0 komentar:

Post a Comment

Unordered List

Sample Text

Member Blogs

Total Pageviews

JAISH. Powered by Blogger.

Followers

What is JAISH?

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
JAISH (Journalist Asossiation of Insantama Senior Highschool) adalah sebuah club yang bergerak di bidang jurnalis di SMAIT Insantama Bogor

Cari Artikel

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget