Wednesday 14 August 2013

ngantuk

Seluruh makhluk di dunia pasti mengenal yang namanya ngantuk. Menguap, ngantuk dan tertidur. Tidur adalah posisi dimana seseorang atau hewan mengistirahatkan tubuhnya. Tapi kebiasaan manusia kalau menguap mulutnya tidak ditutup. Padahal syaithan bisa masuk ke dalam mulut. Bagaimana bisa ?

Ya dalam hadist riwayat muslim mengatakan :

“apabila salah seorang diantaramu menguap, hendaklah ia menahan mulutnya dengan tangannya karena syaithan bisa masuk” (H.R Muslim)

Sudah jelas bahwa kita dilarang menguap jika tidak ditutup. Laah kalo lagi sholat gimana. Ternyata juga ada hadistnya :

“apabila salah seorang dari kalian menguap dalam sholatnya, hendaklah ia berusaha menahan kuapannya sebisa mungkin karena syaitan bisa masuk” (H.R Muslim)

Walaupun agak sulit disaat sedang sholat, tapi kita pasti bisa menahannya. Tapi jika kita melihat di kelas ketika belajar ada saja yang tertidur, bahkan tertidur satu kelas. Satu saja dari teman kita menguap beberapa menit kemudian pasti satu kelas bisa tertidur. Mengapa bisa ?

Ternyata menguap itu menular. Karena disebabkan oleh respon empatetik. Yang artinya kita merespon teman kita untuk ikut menguap, sehingga teman kita menguap kita juga menguap.

Menguap dalam artian bisa menjadi rasa bosan saat melakukan suatu hal. Dan ternyata jika dalam 1 menit kita menguap hingga 4 kali, itu menandakan kita memiliki penyakit serius. Bisa seperti epilepsy, radang otak atau kanker otak. Dan untuk orang dewasa jika tidur dimalam hari lebih dari jam yang direkomendasikan yaitu 7-8 jam akan menyebabkan penyakit jantung. Dan jika kita kurang tidur bisa menyebabkan depresi, obesitas serta melemahkan sistem kekebalan tubuh. Serba salah ya.

Proses menguap terjadi karena denyut jantung melambat dan aliran oksigen ke otak berkurang. Maka saat itu pula otak memerintahkan untuk menguap. Karena saat menguap, udara masuk lewat mulut dan otomatis melewati tenggorokan lalu oksigen diserap ke sel darah merah dan dialirkan ke otak. Dengan demikian otak akan menjadi segar.

Dan fakta unik tentang tidur siang, jika kita tidur siang minimal 10 menit saja bisa menajamkan ingatan. Ya maksimal 30 menit 3 kali seminggu bisa menghilangkan kekakuan dan meningkatkan kinerja otak. Dan tidur siang ini sudah direkomendasikan oleh Allah SWT, gak percaya ?? cek Al-Qur’annya masing – masing dan buka surah Ar-rum ayat 23

Yang artinya :

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari Karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan” (Ar-Rum ayat 23)

Dan juga fakta tentang tidur malam. Biasanya kita tidak mau mematikan lampu saat tidur di malam hari. Alasannya kurang lebih takut gelap atau takut ada hantu. Padahal tidur malam dalam keadaan gelap dapat mencegah penyakit termasuk kanker. Ya karena disaat kita tertidur dalam keadaan gelap alias gak berlampu dalam tubuh kita memproduksi hormone yang dinamakan hormone melatonin. Hormone melatonin adalah salah satu hormone yang mampu mencegah penyakit termasuk kanker. Dan hormone ini gak akan keluar jika saat tidur malam tidak dalam keadaan gelap.

Demikian ~ [sisimilikiti]

0 komentar:

Post a Comment

Unordered List

Sample Text

Member Blogs

Total Pageviews

JAISH. Powered by Blogger.

Followers

What is JAISH?

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
JAISH (Journalist Asossiation of Insantama Senior Highschool) adalah sebuah club yang bergerak di bidang jurnalis di SMAIT Insantama Bogor

Cari Artikel

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget